Webinar Nasional 2022 “Penanggulangan Kedaruratan Masalah Gizi Balita Dimasa Bencana”

Penutup tahun ini diakhiri dengan Webinar Nasional yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Prodi Sarjana Kebidanan STIKes Bakti Utama Pati. STIKes Bakti Utama Pati merupakan perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan Kebidanan (Diploma Tiga Kebidanan, Sarjana Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan). Dalam melaksanakan program pendidikan, sebagai upaya peningkatan pengetahuan masyarakat dalam bidang kesehatan maka mahasiswa memiliki kontribusi untuk mengadakan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Webinar Nasional yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Prodi Sarjana Kebidanan merupakan implementasi kegiatan pengabdian masyarakat yang terintegrasi dalam Kuliah Kerja Nyata. Webinar Nasional ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 31 Desember 2022 yang diadakan secara daring/online pukul 08.30 sampai dengan selesai. Acara tersebut diikuti oleh mahasiswa kesehatan, praktisi kesehatan, dosen kesehatan serta masyarakat umum dengan jumlah lebih dari 4000 peserta.

Akhir-akhir ini di Indonesia terjadi beberapa bencana alam, seperti gempa bumi di Cianjur, erupsi gunung semeru, banjir dan tanah longsor di beberapa daerah yang mengakibatkan kerugian material dan banyak menelan korban jiwa. Beberapa masalah muncul, terutama pada masalah kesehatan, khususnya pada kesehatan bayi dan balita. Bidan dan petugas kesehatan dituntut mampu memberikan asuhan yang tepat terutama terkait pemenuhan gizi di masa bencana maka dari itu Webinar Nasional kali ini mengusung tema “Penanggulangan Kedaruratan Masalah Gizi Balita Di Masa Bencana” dengan bertujuan agar memberikan ilmu serta refresing bagi sahabat bidan khususnya tentang penangan masalah gizi balita dimasa bencana.

Dalam acara ini dihadiri dengan narasumber yang hebat-hebat yaitu dr. Fetria Melani, Sp.GK. yang merupakan Dokter Spesialis Gizi di beberapa rumah sakit Pati, dr. Aviani Tritanti Venusia, MM. yang merupakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dan ibu Retno Wulan, S.S.T.Keb.,M.K.M. sebagai Dosen STIKes Bakti Utama Pati. Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube yang melibatkan partisipasi aktif mahasiswa sebagai panitia penyelenggara yang mengelola kegiatan pelaksanaan webinar Nasional dengan didampingi oleh Dosen Pendamping.

Fetria Melani, Sp.GK. menyampaikan materi pertama yaitu dengan materi “Pemenuhan Gizi Balita di Masa Darurat Bencana”. dr.Fetria Melani, Sp.GK. menyampaikan Banyaknya dampak dari bencana sehingga membuat Kesehatan dan gizi yang terganggu. Bayi dan Balita adalah kelompok yang rentan. Pentingnya ASI Ekslusif pada bayi korban bencana. ASI mengandung gizi yang penting terutama bayi usia 0 sampai 6 bulan, bayi yang tidak mendapatkan ASI akan 6 kali berisiko terkena infeksi pada 2 bulan pertama kehidupan, anak yang tidak disusui dan hidup dilingkungan yang rawan penyakit dan tidak hygienis mempunyai resiko 6 sampai 25 kali lebih tinggi untuk meninggal karena terkena diare dibanding anak disusui ASI.

Aviani Tritanti Venusia, MM. menyampaikan materi kedua dengan materi “Kebijakan Pemenuhan Gizi Balita di Masa Darurat Bencana”. Penanganan gizi penting sekali dalam situasi darurat karena Banyak korban yang memerlukan bantuan, bantuan makanan (gizi) merupakan salah satu bentuk bantuan untuk penyelamatan korban dan kita harus Bersatu dalam semua institusi untuk membantu korban yang terkena bencana.

Ibu Retno Wulan, S.S.T.Keb.,M.K.M. menyampaikan materi ketiga dengan materi “Model Pemberian Asupan Gizi Pada Balita Toddler (1 s/d 3 tahun)”. Anak usia toddler merupakan anak yang berada antara rentang usia 12-36 bulan. Masa ini juga merupakan masa golden age/masa keemasan untuk kecerdasan dan perkembangan anak. Banyak anak yang mengalami kesulitan makan, dan ibu bisa membuat jadwal makan, dan lingkungan yang menyenangkan agar anak merasa tertib dan terjadwal. Syarat pemberian MP ASI harus tepat waktu, adekuat, aman, dan cara yang benar. Bedakan makanan MP ASI sesuai dengan umur anak.

Kegiatan Webinar Nasional ini berjalan dengan lancar dan penuh antusias dari para peserta nya, terbukti dengan jumlah peserta yang mencapai lebih 4000 peserta serta peran aktif peserta yang banyak mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan oleh narasumber baik dari link pertanyaan atau bertanya langsung.

Akhir kata, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih juga untuk team STIKes Bakti Utama Pati sudah menyelenggarakan kegiatan Webinar Nasional ini.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat diakses melalui channel YouTube STIKes Bakti Utama. https://www.youtube.com/live/woKy4RlCLLM?feature=share

 

 

 

 

Posted in Berita Terbaru, Kegiatan Kemahasiswaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *