Sarjana Fisioterapi (S1)

SARJANA FISIOTERAPI

  • Deskripsi Program Studi Fisioterapi

  • 1 / 5
    2 / 5
    3 / 5
    4 / 5
    5 / 5

    Program Studi Fisioterapi di Stikes Bakti Utama Pati merupakan Program S1 Fisioterapi Pertama di Kabupaten Pati. Program studi fisioterapi adalah program pendidikan tinggi yang dirancang untuk melatih calon fisioterapis. Fisioterapi adalah cabang ilmu kedokteran yang fokus pada pemulihan, pemeliharaan, dan promosi kesehatan melalui intervensi fisik. Fisioterapis bekerja dengan pasien yang mengalami cedera, penyakit, atau gangguan fisik lainnya dengan menggunakan berbagai teknik fisik seperti latihan terapeutik, manipulasi jaringan, modalitas fisik, dan pendidikan pasien untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi fisik mereka.

  • VISI
  • Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur sebagai fisioterapis dengan keunggulan bidang kajian ibu dan anak pada tahun 2028

  • Kompetensi Lulusan
  • Komptensi Lulusan program studi S1 Fisioterapi di Stikes Bakti Utama Pati memiliki berbagai kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menjadi fisioterapis yang efektif dan profesional. Menjadi fisioterapis dengan sebutan Sarjana Fisioterapi yang mampu merancang pengelolaan pelayanan fisioterapi secara paripurna, dalam aspek memelihara, memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), dan pelatihan fungsi. Kompetensi lulusan fisioterapi akan selalu berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kesehatan dan rehabilitasi. Oleh karena itu, seorang Sarjana Fisioterapi juga diharapkan untuk terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka melalui pendidikan kontinyu dan pelatihan profesional.

    Program pendidikan Program Studi Sarjana Fisioterapi terdiri dari program Akademik yang diselesaikan selama 8 semester dengan gelar Sarjana Fisioterapi (S.Ft) dan dilanjutkan dengan pendidikan Profesi dengan gelar Fisioterapis (Ftr). Lulusannya memiliki peluang kerja yang sangat luas dan tidak terbatas di rumah sakit saja, namun dapat dikembangkan dalam bentuk praktik mandiri, home care, klinik instansi pemerintah maupun swasta, klub-klub olah raga, fitness center, lembaga-lembaga khusus bidang olah raga serta cabang-cabangnya (KONI, PSSI, dll). Selain sebagai praktisi, lulusan juga berpeluang untuk bekerja sebagai akademisi dan peneliti di instansi pendidikan dan lembaga penelitian.