Pelaksanaan Webinar Nasional Optimalisasi Tumbuh Kembang Remaja Di Masa Pandemi

Remaja merupakan kelompok masyarakat yang hampir selalu diasumsikan dalam keadaan sehat dan pada usia pelajar banyak remaja yang hanya  mementingkan penampilan fisik, padahal sebenarnya remaja termasuk  kelompok yang rentan mengalami masalah gizi seperti Kurang Energi  Kronik (KEK), kekurangan zat gizi mikro dan anemia yang nantinya gangguan tersebut sangat berpengaruh untuk masa pranikah dan  persiapan dalam menjadi seorang ibu.

Remaja yang masih dalam tahap  pertumbuhan terobsesi ingin memiliki penampilan fisik yang menarik  dengan melakukan cara yang salah termasuk melakukan diet ketat, latihan keras dan asupan makan yang buruk sehingga hal ini menjadi penyebab  umum masalah gizi pada remaja dan dapat mempengaruhi proses tumbuh  kembang.

Selain pentingnya menjaga asupan gizi setiap saat pada remaja terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, maka upaya yang dapat  dilakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang remaja yaitu dengan  tetap memperhatikan semua aspek karakteristik pertumbuhan dan  perkembangan remaja yang meliputi pertumbuhan fisik, kemampuan  berfikir, identitas, hubungan dengan orang tua dan hubungan dengan  teman sebaya. Berdasarkan kajian di atas maka untuk meminimalisir  tindakan penyimpangan baik secara fisik maupun psikis pada remaja,  diperlukan pengetahuan tentang stimulasi optimal penunjang  perkembangan remaja, diet seimbang pada remaja termasuk pada  persiapan pranikah dan peran teman sebaya dalam menunjang kesehatan reproduksi remaja.

Pada tanggal 14 Januari 2022 STIKes Bakti Utama Pati dan Prodi S1 Kebidanan Alih Jenjang mengadakan Webiar Nasional dengan tema  “Optimalisasi Tumbuh Kembang Remaja Di Masa Pandemi” yang  diselenggarakan secara daring via zoom maupun youtube. Jumlah pendaftar sebanyak 7560 orang peserta dan yang mengikuti webinar  melalui link zoom sejumlah 500 orang dan peserta yang mengikuti webinar melalui youtube adalah 964 orang. Tingginya jumlah peserta yang  mengikuti webinar menunjukkkan antusiasme masyarakat baik dari  kalangan kesehatan maupun umum terhadap kebutuhan yang diperlukan selama masa remaja.

Adapun narasumber dalam kegiatan webinar yang pertama adalah dr.  Tundjungsari Ratna Utami, Sp.A., M.Sc (doker spesialis anak RSUD  Ambarawa) dengan mengangkat materi mengenai “Stimulasi Optimal  Penunjang Perkembangan Remaja” dalam webinar ini beliau menyebutkan bahwa remaja adalah aset bangsa yang sangat berharga, permasalahan besar yang dihadapi remaja saat ini adalah kekerasan, narkoba dan seks bebas, selain itu permasalahan gizi yang tidak tertangani sejak remaja akan dapat berlanjut menjadi bom bagi masa depan mereka, maka sebab itu  mengupayakan remaja yang sehat dan berkualitas adalah tanggung jawab bersama.

Narasumber kedua pada webinar ini adalah dr. Fetria Melani, Sp.Gk (dokter spesialis gizi klinik RSUD RAA Soewondo Pati) dengan mengangkat  materi mengenai “Diet Seimbang Remaja Persiapan Pranikah” dalam  webinar ini beliau menyebutkan bahwa gizi dibutuhkan disemua episode  kehidupan dan saling mempengaruhi, serta asupan gizi yang tidak adekuat akan menimbulkan masalah gizi pada remaja yang dirangkum menjadi  triple burden yaitu undernutrition, overweight dan micronutrient  deficiency. Untuk mengatasi masalah gizi tersebut maka dilakukan  perbaikan asupan makanan terutama makanan/minuman yang  mengandung kalsium dan fosfor serta zat besi, dikarenakan kalsium dan  fosfor sangat penting untuk pertumbuhan jaringan tulang yang cepat  sedangkan zat besi sangat penting untuk pembentukan otot dan sel darah.

Selain dua narasumber hebat yang sudah diangkat dalam webinar ini,  masih ada narasumber ketiga yaitu Ibu Yuli Irnawati, S.SiT., M.Kes,. (dosen STIKes Bakti Utama Pati) dengan materi yang diangkat beliau mengenai  “Peran Teman Sebaya dalam Menunjang Kesehatan Reproduksi Remaja”,  beliau menyebutkan bahwa peran teman sebaya bagi remaja adalah  sebagai sumber informasi dan kognitif mengenai dunia diluar keluarga dan sumber untuk pemecahan masalah dan perolehan pengetahuan, selain itu juga peran teman sebaya dapat menjadi sumber emosional untuk  mengungkapkan ekspresi dan identitas diri bagi remaja itu sendiri. Dalam hasil penelitian disebutkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan  antara sumber informasi dengan sikap remaja, artinya remaja mempunyai  sumber informasi positif dan mempunyai peluang 3 kali lebih besar untuk  mencapai sikap positif dibandingkan remaja yang mempunyai sumber informasi negatif.

Terselenggaranya kegiatan webinar ini didukung oleh beberapa pihak  diantaranya STIKes Bakti Utama Pati, mahasiswa prodi sarjana kebidanan  alih jenjang dan kegiatan Webinar Nasional ini disponsori oleh Inez   Cosmetic yang pada akhir sesi dilakukan pembagian doorprize oleh  sponsor untuk peserta yang aktif mengikuti sejak awal webinar dan aktif melakukan tanya jawab dan diskusi dengan narasumber.

Kegiatan webinar ini tidak hanya dilakukan sekali dalam satu tahun,  namun merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan oleh Stikes  Bakti Utama Pati sebagai wujud kepedulian institusi terhadap  perkembangan ilmu dan teknologi di era 4.0. Pada tahun ini akan  diselengarakan juga webinar lain yang dilaksanakan oleh mahasiswa S1  Alih Jenjang dengan mengangkat tema yang uptodate dalam rangka  mengenalkan ilmu-ilmu baru agar dikenal oleh masyarakat kesehatan dan masyarakat umum. Webinar selanjutnya akan dilaksanakan pada bulan Januari dan Februari 2022.

Posted in BERITA, Berita Terbaru, Webinar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *