PERHELATAN PKKMB STIKESBUP DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Foto : Foto bersama setelah pembukaan PKKMB STIKes Bakti Utama Pati Tahun 2020

Pati, Momen paling mengesankan bagi mahasiswa baru adalah saat mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada sebuah perguruan tinggi. Hal ini tak terkecuali sebagaimana yang dialami oleh mahasiswa baru STIKes Bakti Utama Pati tahun akademik 2020/2021 yang mengikuti PKKMB baik berupa kegiatan general education yang menghadirkan narasumber dr. Anzar Ahlian, M.Si. Bio Med.,Sp. A, dr. Zakiya, Sp.OG serta Dr. Ling Ahmad Qosim, S.KM.,M.Kes. maupun kegiatan PKKMB itu sendiri.
Uswatun Kasanah selaku Wakil Ketua III mengungkapkan bahwa PKKMB ini dilaksanakan sesuai ketentuan dalam pedoman PKKMB tahun 2020 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dimana pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan STIKes Bakti Utama Pati

Mengingat pandemi covid-19 masih berlangsung, kegiatan PKKMB dilaksanakan secara daring sejak tanggal 7 – 9 September 2020. Pada pembukaan, kegiatan menghadirkan beberapa mahasiswa perwakilan dari prodi D-III dan S1 kebidanan, sedangkan mahasisw lain tetap mengikuti prosesi secara daring.
PKKMB diikuti oleh 17 mahasiswa D-III kebidanan dan 51 mahasiswa S1 kebidanan.
Pada pembukaan ini, Wakil Ketua III atas nama Ketua STIKes melantik sejumlah 68 mahasiswa sebagai mahasiswa STIKes Bakti Utama Pati tahun akademik 2020/2021. Acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar mahasiswa oleh perwakilan mahasiswa a.n Rike Cahyani (prodi S1 kebidanan) yang diikuti oleh mahasiswa yang lain.

Adapun beberapa materi yang diberikan dalam PKKMB ini adalah . Perguruan tinggi di era revolusi industry 4.0 dan Kehidupan baru pasca pandemic (New Normal), plagiarism, pengenalan pembelajaran menggunakan e-learning, Pengenalan sistem pendidikan tinggi di Indonesia dan Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka di STIKES BUP, Pengenalan penyalahgunaan narkoba, dan anti korupsi, Pencegahan dan penanggulangan intoleransi, radikalisme, terorisme, dan penyebaran paham-paham yang bertentangan dengan ideologi negara, Pengenalan nilai budaya, etika, tata krama, norma kehidupan kampus, pencegahan pelecehan seksual di kampus, terampil serta bijak dalam berkomunikasi melalui media sosia, Kegiatan kemahasiswaan dan organisasi kemahasiswaan, Sistem tata pamong di STIKes BUP dan perkenalan nama-nama karyawan serta jabatan, serta kurikulum untuk tiap program studi.
Hadir narasumber adalah Ketua STIKes, wakil ketua, ketua program studi, P3M, IT serta ketua BEM. Sedangkan materi tentang penyalahgunaan narkoba sampai dengan ideologi yang bertentangan dengan ideologi negara disampaikan oleh pihak eksternal (kepolisian).

Kegiatan interaksi antar mahasiswa belum bisa optimal namun telah difasilitasi dengan perkenalan di dalam daring tersebut.
Untuk selanjutnya, panitia menggalang dana untuk bakti sosial dimana akan dilaksanakan pada waktu menyusul.

By Iyuz & Riyantika

Posted in BERITA, Berita Terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *