KEPUASAN MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

Pandemi covid-19 telah memberikan perubahan yang luar biasa terhadap semua semua bidang kehidupan; tak terkecuali bidang pendidikan sebagaimana yang terjadi di STIKes Bakti Utama Pati.

Dengan berbagai upaya dengan tetap memperhatikan kebijakan pemerintah, STIKes tetap berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik bagi mahasiswa. Semua aspek yang meliputi dosen, tenaga kependidikan, pengelola serta sarana dan prasarana senantiasa diprioritaskan bagi kepentingan mahasiswa, meskipun mahasiswa melaksanakan pembelajaran secara daring.

STIkes masih meyakini bahwa kualitas pelayanan kepada pemangku kepentingan merupakan salah satu kunci keberhasilan organisasi dalam membangun hubungan yang erat dengan konsumennya. Dengan kualitas pelayanan yang baik diharapkan dapat menciptakan kenyamanan dan ketenangan lingkungan organisasi. Perguruan tinggi yang berperan aktif dalam menciptakan sumber daya manusia yang kompeten, sangat memerlukan suasana akademik dan lingkungan yang nyaman untuk melakukan proses belajar mengajar. Dengan pelayanan yang baik perguruan tinggi diharapkan menjadi rumah kedua mahasiswa.

Akreditasi institusi menilai kepuasan mahasiswa yang menuntut adanya instrumen pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap aspek dosen, tenaga kependidikan, pengelola serta sarana prasarana. Untuk itu, survei kepuasan dilakukan dengan metode menyebar angket dalam aplikasi google form melalui media WhatsApp.

Pada akhir semester genap tahun akademik 2019/2020, survei kepuasan mahasiswa dilakukan terhadap semua mahasiswa dimana jumlah partisipan adalah sebesar 95% mahasiswa. Adapun hasil survei adalah sebagai berikut:

Grafik 1. Tingkat Kepuasan Mahasiswa D-III Kebidanan

Grafik 2. Tingkat Kepuasan Mahasiswa S1 Kebidanan

Adapun rekapitulasi kepuasan mahasiswa semua prodi adalah sebagai berikut:

Grafik 3. Tingkat Kepuasan Mahasiswa Semua Prodi

Berdasarkan grafik 3 tersebut diketahui bahwa sebagian besar kepuasan mahasiswa sangat baik terhadap pelayanan dosen, tendik, pengelola maupun terhadap sarana dan prasarana yang ada, yaitu sebesar 83%, kemudian kepuasan baik sebesar 12%, kepuasan cukup sebesar 4%, sedangkan kategori kepuasan kurang adalah 1%.

Informasi yang diperoleh menggunakan aplikasi google form ini menjadi bahan masukan bagi institusi dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa pada waktu berikutnya.

Selain informasi tersebut, data lain terkait kepuasan mahasiswa antara lain bahwa tingkat pelanggaran mahasiswa rendah, tingkat partisipasi tinggi dalam perkuliahan maupun dalam kegiatan kemahasiswaan.

 

By Iyuz.

Posted in BERITA, Berita Terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *