PENGUATAN TATA PAMONG DI STIKES BAKTI UTAMA PATI

Tata pamong (governance) merupakan sistem untuk memelihara efektivitas peran para konstituen dalam pengembangan kebijakan, pengambilan keputusan, dan penyelenggaraan program studi. Sebuah tata pamong yang baik akan melahirkan sistem administrasi yang handal. Sistem ini akan menjaga efektifitas, efisiensi dan produktivitas pewujudan visi, pelaksanaan misi, dan pencapaian tujuan program studi.

Guna menjamin sistem tata kelola dan tata pamong di STIKes BUP berjalan dengan baik sesuai koridornya maka institusi melaksanakan survei kepuasan tata kelola dan tata pamong pada akhir semester ganjil tahun akademik 2019/2020. Survei ini dilakukan terhadap seluruh pegawai, baik dosen maupun tenaga kependidikan pada tahun akademik berjalan. Survei dilaksanakan oleh Pusat Penjaminan Mutu (P2M). Survei dilakukan terhadap tata kelola dan tata pamong yang meliputi 5 aspek yaitu aspek pemilihan pimpinan, tata pamong, pengelolaan, kepemimpinan serta penjaminan mutu, dengan mengacu kepada pedoman tata kelola dan tata pamong STIKes Bakti Utama Pati. Sistem pengisian angket dengan google form memberikan kemudahan kepada pegawai untuk berpartisipasi meskipun di masa pandemi covid-19. Hal inilah yang menjadi salah satu sebab tingginya partisipasi pegawai dalam survei, yaitu sebesar 100% pegawai.

Adapun hasil survei adalah sebagai berikut:

Berdasarkan grafik diatas menunjukkan bahwa sebagian besar pegawai puas atas penyelenggaraan tata kelola dan tata pamong di STIKes BUP, yaitu sebesar 85,2% (23 responden), sedangkan 18,2 % (4 responden) merasa kurang puas. Kepuasan pegawai tercermin pada item pemilihan pimpinan, kepemimpinan, pengelolaan dan penjaminan mutu yang dilaksanakan. Item pernyataan yang dirasa belum optimal adalah pada system tata pamong dalam akuntabilitas yaitu Institusi belum mempunyai teknologi informasi yang dimanfaatkan secara optimal dalam sistem akuntansi. Selain itu, pada sistem tata pamong yang harus mengedepankan aspek transparansi, salah satunya adalah bahwa institusi mempunyai data dan informasi yang dapat diakses oleh pihak yang membutuhkan.

Posted in BERITA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *