DANILA DALAM KAMPUS MENGAJAR #7 DI SD N KEDALON 03 BATANGAN PATI

(Pati, 9 Juli 2024) – Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program ini memberikan kesempatan kepada Mahasiswa untuk belajar di luar program studi dengan menjadi mitra guru dalam melakukan pengembangan strategi pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan di satuan pendidikan dasar dan menengah.

Foto ini diambil di SD N Kedalon 03: Penerjunan Mahasiswa ke Sekolah Penugasan

Salah satu mahasiswa STIKes Bakti Utama Pati Program Studi Diploma Tiga Kebidanan atas nama Danila Trisna Septiana mendapatkan lokasi penugasan di SD N Kedalon 03. Penugasan Kampus Mengajar Angkatan 7 berlangsung selama 4 bulan dengan fokus program kerja pada bidang literasi, numerasi, transformasi digital, revitalisasi perpustakaan, pengembangan karakter, variasi metode pembelajaran agar lebih menyenangkan dan tidak membosankan serta edukasi kesehatan.

Program Kampus Mengajar membuka ruang bagi Mahasiswa untuk bisa mengaplikasikan keahlian serta ilmu pengetahuan mereka dalam membantu siswa di satuan pendidikan dasar dan menengah. Sebagaimana kita ketahui, skor kemampuan literasi dan numerasi siswa Indonesia selama delapan belas tahun terakhir berada di peringkat bawah.

Sasaran kampus mengajar ini yaitu Mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek yang akan ditempatkan di sekolah penugasan di seluruh Indonesia dalam upaya membantu peningkatan literasi dan numerasi di tingkat pendidikan dasar dan menengah.

Foto ini diambil di SD N Kedalon 03: Senam Sehat

Kegiatan belajar mengajar siswa ini memiliki banyak sekali kisah yang menarik. Mengajar dengan penuh rasa kesabaran ternyata membuahkan hasil. Semangat dan antusias siswa dalam belajar menjadikan saya lebih bersemangat dalam Mengajar. Bahkan, terkadang siswa meminta waktu lebih untuk belajar. Menerapkan strategi belajar sambil bermain, yang membuat siswa tidak mudah bosan dan jenuh ketika mengikuti pembelajaran. Selain itu juga membuat quiz interaktif dan belajar menggunakan media ajar yang diajarkan kepada siswa.

Hasil program kerja yang telah dirancang dapat disimpulkan bahwa program kerja dapat dilaksanakan secara baik meskipun terdapat berbagai kendala. Dengan melakukan Koordinasi bersama pihak sekolah serta banyaknya faktor pendukung program kerja seperti sarana dan prasarana yang telah di sediakan. Hasil dari program kerja yang telah di rancang juga menunjukan evolusi pada siswa dan siswi serta lingkungan sekolah SDN Kedalon 03

Foto diambil di SD N Kedalon 03 Pendataan tanaman

Oleh : Danila Trisna Septiana (D3 kebidanan)

Posted in BERITA, Berita Terbaru.