Kampus Mengajar Angkatan 7 di SDN Cempaka Baru 12, Jakarta Pusat

Foto ini diambil di SDN Cempaka Baru 12

Jakarta, (24/06/2024) – Kampus Mengajar Angkatan 7 merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa di Indonesia. Salah satu mahasiswa STIKes Bakti Utama Pati Program Studi Sarjana Kebidanan atas nama Stefani Dhea Firnanda mendapatkan lokasi penugasan di SDN Cempaka Baru 12, Jakarta Pusat. Penugasan Kampus Mengajar Angkatan 7 berlangsung selama 4 bulan dengan fokus program kerja pada bidang literasi, numerasi, transformasi digital, revitalisasi perpustakaan, pengembangan karakter, variasi metode pembelajaran, konseling kelompok, skrining kesehatan dan edukasi kesehatan.

Foto ini diambil di SDN Cempaka Baru 12: Bersama Siswa Kelas 4-5

Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 7 ini telah memberikan warna baru dalam dunia pendidikan di SDN Cempaka Baru 12, Jakarta Pusat. Mahasiswa yang terlibat tidak hanya berperan sebagai asistensi mengajar, tetapi juga sebagai agen perubahan yang membawa inovasi dan kreativitas ke dalam kelas-kelas. Mereka selalu disambut hangat oleh semua elemen sekolah mulai dari siswa, guru, tenaga pendidik, satpam, hingga penjaga sekolah.

Foto ini diambil di SDN Cempaka Baru 12: Bersama Siswa Kelas 1,2 dan 3

Suasana kehangatan dan kekeluargaan menjadi ciri khas dalam pelaksanaan program Kampus Mengajar Angkatan 7 di SDN Cempaka Baru 12. Mahasiswa terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler, upacara sekolah, pembiasaan sekolah seperti senam pagi, english day, sholat dhuha, mengaji, kegiatan keagamaan lainnya, serta berbagai kegiatan sosial dan budaya di sekolah tempat mereka mengajar. Selain sebagai kolaborator guru, mahasiswa mampu menjadi teman dan inspirator siswa. Ibu Yuli Wuriani, S.Pd., seorang kepala SDN Cempaka Baru 12, dengan antusias dan penuh kasih sayang mengungkapkan, “Mahasiswa tidak hanya membantu kami dalam mengajar, tetapi juga membawa semangat baru dan perspektif yang berbeda kepada siswa-siswa, guru, tenaga pendidik dan penjaga sekolah.”

Foto ini diambil di SDN Cempaka Baru 12: Bersama Guru, Tenaga Pendidik, Satpam dan Penjaga Sekolah

Peran mahasiswa juga sangat kuat dalam memberikan manfaat bagi staf sekolah khususnya operator. Pak Ridwan, operator SDN Cempaka Baru 12, menyebutkan, “Keberadaan mahasiswa memberikan suasana yang berbeda di sekolah. Mereka membawa ide-ide segar yang dapat memperkaya kehidupan sekolah dan sangat berperan penting untuk reaktivasi akun media sosial sekolah.”

Foto ini diambil di SDN Cempaka Baru 12: Festival Literasi Numerasi – Pesta Kata dan Angka Hari ke-3

Program Kampus Mengajar Angkatan 7 bukan hanya merupakan sebuah platform untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa, tetapi juga sebuah upaya kolaboratif untuk membangun kebersamaan dan menghadirkan inovasi dalam pendidikan di Indonesia. Dengan semangat kekeluargaan yang ditanamkan dalam setiap interaksi, diharapkan program ini akan terus memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi sekolah-sekolah dan masyarakat di seluruh negeri.

Foto ini diambil di SDN Cempaka Baru 12: Penarikan Mahasiswa

Foto ini diambil di SDN Cempaka Baru 12: Pemeriksaan Kadar Glukosa, Kolesterol, Asam Urat dan Tekanan Darah

Foto ini diambil di SDN Cempaka Baru 12: Pendampingan Pembiasaan Upacara

Foto ini diambil di SDN Cempaka Baru 12: Monitoring Evaluasi oleh BPMP

Foto ini diambil di SDN Cempaka Baru 12: Pendampingan Lomba Futsal

Oleh: Stefani Dhea Firnanda (Sarjana Kebidanan)

Posted in Uncategorized.