STIKES-BUP SIAPKAN CALON BIDAN DENGAN ADAKAN CAPPING DAY DAN PENGAMBILAN SUMPAH PRAKTIKAN BIDAN

Program Studi Diploma Tiga Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Utama Pati (STIKes BUP) sukses menyelenggarakan Capping Day atau Pengambilan Sumpah Praktikan dan Pembekalan Praktikan. Kegiatan Capping Day diadakan untuk Pengambilan ikrar mahasiswa sebelum melakukan praktik di Rumah Sakit.  Kegiatan berlangsung secara luring pada Kamis (18/08/2022 pukul 09:00 WIB).

(Fiki – Kamis, 18 Agustus 2022 pukul 09:05 WIB)

Kegiatan sumpah praktikan berjalan dengan baik, diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Kebidanan Semester IV. Diawalai dengan pembukaan kemudian menyayikan lagu Indonesia raya oleh semua peserta dan tamu undangan, dan selanjutnya prosesi pengambilan sumpah praktikan yang diawali dengan pemasangan capp secara simbolis kepada mahasiswa diwakilkan oleh Nisa Cahyaningtyas yang dipasangkan oleh Ibu Uswatun Kasanah, S.SiT.,M.Kes (waket III).

(Fiki – Kamis,18 Agustus 2022 pukul 09.15 WIB)

Setelah acara pemasangan capp dan pembacaan ikrar mahasiswa praktikan, dilakukan penandatanganan surat ikrar oleh Uswatun Kasanah, S.SiT.,M.Kes. (waket III). Pemberian sambutan oleh Uswatun Kasanah, S.SiT.,M.Kes memberikan ucapan selamat dan pesan untuk para mahasiswa praktikan,“ Selamat untuk kalian yang sudah mengucapkan ikrar mahasiswa sebelum praktik di Rumah Sakit, semoga amanah dan bisa melakukan tugas parktik di Rumah Sakit dengan baik untuk kebaikan diri kalian sendiri, Rumah Sakit, dan Institusi”

(Fiki – Kamis, 18 Agustus 2022 pukul 09.30 WIB)

Sesi selanjutnya yaitu pembekalan mahasiwa praktikan, pemberian materi oleh narasumber .Pembekalan mahasiswa praktikan dilakukan oleh 4 narasumber yaitu Uswatun Kasanah,S.SiT.,M.Kes, Ninik Hermiati,S.SiT.,SAP (ketua IBI cabang pati), Sartono S.Kp Ners,MM dan , dan Wella Anggraeni,S.Tr.Keb.,M.KM (ketua prodi diploma III kebidanan).

Uswatun Kasanah,S.SiT.,M.Kes memberikan materi tentang urgensi soft skill bagi praktikan yang dimana dalam mesukseskan kegiatan PKK di Rumah Sakit kita harus memiliki soft skill dan hard skill. Materi kedua disampaikan oleh Bu Ninik dengan judul etika profesi dan kode etik profesi bidan yang dimana dijelaskan tentang apa saja kode etik profesi bidan.

(Fiki – Kamis, 18 Agustus 2022 pukul 10.15 WIB)

Materi ketiga disampaikan oleh Bapak Sartono tentang pencegahan dan pengendalian infeksi nosokomial. Sebelum memberikan materi, Bapak Sartono mengajak para mahasiswa praktikan untuk melakukan ice breaking dengan bernyanyi. Bapak Sartono menunjuk salah satu mahasiswa yaitu Eva Oktaviana untuk memimpin bernyanyi. Bapak Sartono memberikan informasi tentang cara pencegahan dan pengendalian infeksi nosokomial dengan cara mencuci tangan, pengelolaan sampah, melakukan imunisasi atau vaksinisasi bagi petugas kesehatan, dan memakai APD.

Materi terkahir disampaikan oleh ibu Wella tentang layanan kebidanan di Rumah Sakit berdasarkan kewenangan bidan.

(Fiki – Kamis, 18 Agustus 2022 pukul 11.30 WIB)

Kegiatan sumpah praktikan merupakan sebuah acara seremoni untuk mempersiapkan mahasiswa yang akan menjalani praktek lapangan. Dalam kegiatan ini terdapat kegiatan akad janji, dan pemberian bekal imateril khususnya mengenai etika profesi bidan yang bertujuan agar mahasiwa mengetahui, dan mengerti apa yang menjadi etika, hak dan kewajiban ketika melaksanakan praktek klinik sehingga diharapkan nantinya mahasiswa yang akan praktek dilahan dapat sungguh-sungguh mengamalkan ilmu yang dipelajari selama berada di kampus, serta menghindari kefatalan dalam memberikan asuhan kebidanan sesuai bidang ilmunya.

Tujuan dilaksankan kegiatan peengambilan sumpah praktikan ini dilaksanakan adalah untuk mempersiapkan mahasiswa praktik dilahan praktik, memberikan pembekalan pada mahasiswa sebelum praktik dilahan praktik serta mempersiapkan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang didapat dari kampus selama praktik di lahan praktik.

By. Fiki

Posted in Berita Terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *