BEM Sharing tentang Teknik Pendidikan Kesehatan

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan organisasi bidang yang turun langsung untuk berinteraksi dengan masyarakat. Oleh karena itu dengan melihat kehidupan masyarakat, mahasiswa akan bersikap lebih kritis serta meningkatkan simpati dan empati terhadap masyarakat serta meningkatkan kepedulian sosial. Lebih baik lagi jika mahasiswa menyadari adanya isu sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat tempat mereka berkegiatan.

Doc. Narasumber memberikan pre test kepada mahasiswa

Pada Senin, 08 Juli 2024, bidang PMM mengadakan kegiatan sosialisasi yang bertema Teknik Pendidikan Kesehatan di Masyarakat. Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan narasumber Bd. Uswatun Kasanah, S. Sĩ. T., M. Kes dan diikuti oleh seluruh mahasiswa STIKes Bakti Utama Pati. Kegiatan ini dimulai pukul 15.40 WIB – 17.00 WIB  di Masjid KH.Khosim STIKes Bakti Utama Pati. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk keberlangsungan PMM selanjutnya serta membagikan pengetahuan dan pengalaman serta meningkatkan soft skill untuk mahasiswa.

Doc. Pemaparan materi oleh narasumber

Ibu Uswatun Kasanah, S. Sĩ. T., M. Kes menyampaikan bahwa pendidikan kesehatan akan merubah perilaku sasaran, meliputi aspek pengetahuan, sikap, ataupun  psikomotorik sasaran. Petugas juga harus menguasai materi yang akan dipaparkan dan teknik komunikasi yang tepat. “Sebelum melakukan pendidikan kesehatan, petugas harus temukan masalah sesuai kebutuhan, yang dilakukan dengan cara survei lokasi juga wawancara” lanjutnya.

Doc. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan pendidikan kesehatan

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas dan mutu mahasiswa dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Pentingnya juga untuk mengasah dan membiasakan diri kepada mahasiswa untuk tampil lebih percaya diri dengan cara mempersiapkan kegiatan yang akan dilakukan dengan baik.

’’Kami merasa dengan adanya kegiatan ini sangat membantu dalam menambah pengalaman. Kami juga berharap melalui kegiatan sosialisasi ini kami lebih mempersiapkan diri dengan cara meningkatkan soft skill dan menambah pengetahuan untuk lebih baik lagi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat”, ujar Dhira, peserta kegiatan sosialisasi.

Rangkaian acaranya berjalan  dengan baik dan lancar. Mahasiswa juga antusias dalam mengikuti acara ini. Peserta secara aktif menyimak dan interaktif dalam tanya jawab seputar teknik pendidikan kesehatan. Mulai dari mulainya kegiatan hingga rangkaian puncak kegiatan ini.

Oleh : Ita Purnama Ida – Diploma Tiga Kebidanan STIKes Bakti Utama Pati

Posted in BERITA, Berita Terbaru.