Beasiswa

BEASISWA

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah)

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) Kemendikbud ditujukan untuk membantu calon mahasiswa berpotensi, namun berasal dari keluarga kurang mampu agar bisa meneruskan pendidikannya di perguruan tinggi. STIKes Bakti Utama Pati salah satu perguruan tinggi swasta di kabupaten Pati yang memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah menjadi bidan dengan jalur Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang di berikan oleh LLDIKTI

Beberapa KEUNGGULAN KIP Kuliah:

  1. Lebih banyak memberi akses kepada Pendidikan vokasi.
  2. Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajardi Perguruan Tinggi.
  3. KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kelompok yaitu KIP Kuliah, KIP Kuliah Usulan Masyarakat, KIP Kuliah Afirmasi dan KIP Kuliah Bantuan Biaya Pendidikan (BBP).
  4. KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2024 adalah sebagai berikut:

  1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid; (lulusan tahun 2022, 2023, 2024)
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau  memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos; atau mempunyai PKH atau mempunyai SKTM
  4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah:

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.idatau melalui KIP Kuliah mobile apps*;
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif;
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah**;
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
  6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.  Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP Kuliah di STIKes Bakti Utama Pati di:

https://s.id/KIP-K-STIKESBUP-2024

dan konfirmasi via WA ke 087-833-044-317

* segera tersedia di Google Play Store
** NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.

Beasiswa PPA / UKT

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) / UKT merupakan program beasiswa dari Kementrian Riset dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) yang ditujukan bagi mahasiswa D3, D4, atau S1 yang telah menempuh pendidikan minimal semester 2 dan dikhususkan bagi mahasiswa berprestasi yang orang tuanya tidak mampu untuk membiayai pendidikannya.

Nama beasiswa ini sudah tidak asing lagi bagi banyak mahasiswa, karena memang hampir setiap tahun Kemenristekdikti selalu membuka pendaftaran di masing-masing perguruan tinggi. Pada tahun akademik 2018 – 2019, Kemenristekdikti menyiapkan beasiswa tersebut untuk ribuan mahasiswa di Indonesia. Baik itu dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Pada periode sebelumnya, kuota yang disediakan sebanyak 130 ribu beasiswa.

Dengan diberikannya beasiswa ini, diharapkan mahasiswa yang kurang mampu dapat mengikuti pendidikan dengan baik sehingga mampu meningkatkan prestasinya dan ikut andil dalam meneruskan pembangunan Indonesia.

BEASISWA YAYASAN

salah satu beasiswa yang di berikan oleh STIKes Bakti Utama Pati bagi calon mahasiswa dan mahasiswa adalah beasiswa yayasan. Beasiswa ini di berikan kepada mahasiswa yang kurang mampu dalam hal ekonomi.

Apa Saja Syarat untuk mendapatkan Beasiswa ini

  1. Foto Copy KTP
  2. ijasah SMA
  3. Transkip Nilai
  4. foto Copy raport dari semester 1 sampai semester VI
  5. Surat keterangan tidak mampu yang di keluarkan oleh desa