Laboratorium Komputer

LABORATORIUM KOMPUTER


1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Laboratorium komputer adalah ruang atau fasilitas yang dirancang khusus untuk kegiatan eksperimen, penelitian, pengembangan, dan pembelajaran di bidang komputer dan teknologi informasi. Laboratorium komputer umumnya dilengkapi dengan berbagai perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang mendukung kegiatan-kegiatan tersebut. Di Stikes Bakti Utama Pati memiliki laboratorium komputer yang di gunakan sebagai mata kuliah tambahan yaitu komputer.

Harapan dengan adanya mata kuliah komputer di STIKes ini adalah sebagai bekal mahasiswa bidan kita dalam hal keadministrasian yang sangat erat hubunganya dengan komputer, di zaman mileniah seperti ini STIKes Bakti utama Pati tidak ingin lulusanya hanya pandai di bidang Kebidanan.

Fasilitas di dalam laboratorium komputer dapat mencakup komputer stasioner, server, perangkat jaringan, perangkat penyimpanan, proyektor, papan tulis interaktif, dan perangkat keras dan perangkat lunak lainnya yang mendukung kegiatan-kegiatan di dalamnya. Selain itu, lab komputer sering kali dilengkapi dengan koneksi internet untuk mendukung akses ke sumber daya online dan komunikasi antar laboratorium atau dengan pihak luar.

KEGIATAN LABORATORIUM KOMPUTER

COMPUTER BASED TEST (CBT) adalah ujian yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes tertulis biasanya yaitu menggunakan satu perangakat tes untuk beberapa peserta dengan panjang waktu tes yang sama.

Seiring dengan perkembangan zaman dimana teknologi berkembang sangat pesat seorang bidan pun di tuntun untuk menguasi dunia teknologi. Ujian CBT sudah terapkan STIKes Bakti Utama Pati sejak tahun 2018 dimana Setiap ujian tengah Semester (UTS), Ujian Semester (UAS), Bahkan Ujian Akhir sudah menggunakan Ujian sistem Online, mahasiswa bisa langsung mengetahui nilai dari soal yang telah di kerjakan.

PRAKTIK PENDAPINGAN TEORI mahasiswa diberikan pengetahuan melalui pengenalan jaringan komputer dengan cara diperkenalkan dulu konsep teori jaringan komputer dan praktik untuk mengkonfigurasi jaringan komputer

Untuk mengetahui pengetahuan mahasiwa akan pentingnya pelatihan ini maka akan dilakukan evaluasi pada awal kegiatan (pre-test) dan akhir kegiatan (post-test) untuk melihat keberhasilan dari kegiatan ini. Indikator keberhasilan dari kegiatan ini jika ada perubahan peningkatan pengetahuan minimal 80% dari tujuan kegiatan. Sehingga diharapkan dapat memberi kesimpulan apakah pengetahuan siswa bertambah atau tidak.