DIII Kebidanan

A. VISI & MISI

VISI

Pada tahun 2020 Menjadi Progam Studi Diploma III Kebidanan STIKes Bakti Utama Pati yang mampu meluluskan Bidan profesional, Terampil, dan Mandiri, serta Berjiwa Usaha.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dengan pendekatan yang berbasis pada kompetensi
  2. mengembangkan Kurikulum yang bermuatan kompetitif
  3. menyelenggarakan pendidikan praktis yang berbasis pada kebutuhan masyarakat,
  4. menyelenggarakan Kegiatan pengabdian yang berorientasi pada kebutuhan dan peningkatan pemberdayaan masyrakat
  5. menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada ilmu pengetahuan dan pemecahan masalah praktis
  6. Menggalang kemitraan dengan institusi dan Instansi terkait dunia usaha dan dunia Industri

SUASANA AKADEMIK PROGAM DIPLOMA TIGA KEBIDANAN

 Perkuliahan di progam Diploma Tiga STIKes Bakti Utama Pati di selenggarakan selama 6 semester dengan beban studi sebanyak 96 SKS yang terdiri dari teori 39 SKS (40%), praktikum dan Klinik 57 SKS (60%). Untuk memenuhi 110  SKS seperti yang di persyaratkan, STIKes Bakti Utama Pati mengembangkan kurikulum dengan menyesuaikan kebutuhan dan kebijakan yang berhubungan dengan kompetensi utama Bidan. Perkuliahan progam Diploma Tiga di selenggarakan setiap hari senin s/d Jum’at.

PEMBELAJARAN TEORI DI KELAS

Sistem pendidikan DIII Kebidanan STIKes BUP memiliki Satu semester dengan kegiatan pembelajaran sekitar 16-19 minggu efektif dengan diikuti evaluasi akhir semester.satu tahun akademik terdiri dari 2 semester yaitu semester ganjil dan semester genap.

Satuan Kredit Semester (SKS) Takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang di peroleh selama satu semester melalui kegiatan terjadwal perminggu sebanyak 1 jam kegiatan perkuliahan, 2 jam praktikum, 4 jam kerja lapangan. Pengertian satu jam adalah pelanksanaan pembelajaran selama 60 menit.

Mengingat pola pola pembelajaran DIII Kebidanan masih menggunakan modifikasi kurikulum Depkes RI dan sisdiknas maka pola yang dikembangkan adalah System SKS paket dengan prasyarat tertentu

Kegiatan studi dalam semester STIKes BUP Terdapat empat kegiatan studi dalam semester, yaitu minggu efektif, UTS, Minggu tenang, da UAS. Minggu efektif merupakan waktu yang di perlukan untuk melalui proses dan pengalaman belajar selama satu semester lewat kegiatan terjadwal setiap minggu. Progam DIII terdiri atas 18 sampai 20 minggu efektif, termasuk kegiatan penilaian. Ujian Tengah semester (UTS) dilaksanakan pada pertengahan minggu efektif proses kegiatan belajar mengajar yang dilanjutkan dengan pelaksanaan minggu efektif KBM. Setelah minggu efektif selesai maka dilanjutkan dengan UAS.

UJIAN SISTEM ONLINE/ Computer Based Test

Kegiatan Belajar di Progam DIII Kebidanan pertama yaitu Teori Perkuliahan (PBC) ,Kegiatan pembelajaran di kelas dalam upaya transformasi kompetensi dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, seminar, student center learning (SCL) dan penugasan.

Praktikum (PBP)Kegiatan proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas, laboratorium, baik dikampus maupun dilahan praktik untuk melatih keterampilan yang berfokus pada integritas ilmu dan teknologi. Metode yang digunkaan dapat berupa demostrasi, simulasi, mentor dan lain lain.

SIMULASI PEMBELAJARAN KELAS “SENAM IBU HAMIL”

PRAKTIK KLINIK RUMAHSAKIT (PKL)

Saat ini pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) telah memasuki tahap pelaksanaan di tingkat klinik. Tahap ini merupakan tahap pembelajaran yang sangat penting dalam pendidikan mahasiswa kebidanan, dimana mahasiswa mulai memakai semua ilmu yang didapat sebelumnya dan diaplikasikan pada tahap klinik, yang beorientasikan pada pasien dan masalah asuhan pasien secara terintegrasi di rumah sakit.

Kegiatan proses pembelajaran di lahan praktik dalam konteks praktikum maupun klinik, baik dipelayanan institusi (RS,BPS,RB,Puskesmas) dan di masyarakat. kegiatan ini melalui tahap praktik dengan bimbingan penuh pada pembelajaran dalam konteks praktikum, praktik klinik dengan bimbingan minimal dan praktik secara mandiri dengan bimbingan swaktu.

TATA KECANTIKAN KULIT

merupakan Mata kuliah tambahan di progam DIII Kebidanan, mata kuliah tata kecantikan kulit ini di harapkan menjadi daya ungkit mahasiswa bidan STIKes Bakti Utama Pati dimana Mahasiswa Progam DIII bisa mendapatkan keterampilan khusus yaitu tata kecantikan kulit tanpa meniggalkan tugas pokoknya sebagai calon bidan. Mat ini di tempuh mulai saat mahasiswa semester 2 sampai dengan semester 6 dengan mata kuliah totok wajah, Facial manual dan juga facial elektrik, dilakukan dengan metode ceramah teori, Praktikum laborat kemudian Ujian Akhir tiap perasat.