Prodi Pendidikan Profesi Bidan menyelenggarakan Pelatihan Baby spa and Maternity Treatment bekerjasama dengan EBSCO

Ilmu maternitas berkembang dengan cepat sesuai dengan perkembangan jaman. Perkembangan dunia juga semakin pesat termasuk dalam hal registrasi, legalisasi dan sertifikasi profesi. Semua perkembangan ini tentu perlu disiapkan dengan baik oleh petugas kesehatan dengan pengetahuan mengenai pelayanan kesehatan yang terkini sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal dibidang maternitas dengan optimal.

Sejalan dengan visi misi prodi Pendidikan Profesi Bidan yang memiliki keunggulan pada natural theraphy, maka prodi melaksanakan pelatihan baby spa and maternity treatment pada tanggal 08-09 Maret 2022. Pelatihan baby spa and maternity treatment prodi Pendidikan Profesi Bidan STIKes Bakti Utama Pati bekerjasama dengan EBSCO entrepreuner Baby Spa Community Jakarta.

Materi dalam pelatihan baby spa and maternity treatment meliputi relaxation touch for baby, relaxation touch for theraphy, relaxation touch for mom treatment. Program pelatihan “relaxation touch for baby & maternity” merupakan program pelatihan meliputi teknik sentuhan dan massage dengan stimulasi untuk bayi.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari secara luring ini diikuti oleh oleh 32 peserta, terdiri dari umum sebanyak 1 orang, dokter sebanyak 1 orang, perawat sebanyak 1 orang dan bidan sebanyak 29 orang. Peserta berasal dari Papua sebanyak 2 orang, Sulawesi sebanyak 2 orang, Yogyakarta sebanyak 1 orang, Jakarta sebanyak 1 orang, Kalimantan Timur sebanyak 1 orang, NTT sebanyak 1 orang, dan Jateng sebanyak 24 orang. Antusiasme para peserta dalam mengikuti pelatihan Mom and Baby Spa tampak di setiap momen kegiatan. Para peserta dan trainer tampak kompak menjalani setiap rangkaian kegiatan.

Pelatihan Baby Spa and Maternity Treatment merupakan pelatihan dasar yang memuat beberapa materi dalam satu pelatihan, yaitu baby spa, maternity treatment dan kecantikan. Pelatihan dibimbing langsung oleh professional dalam bidangnya. Masing-masing materi akan sangat berguna untuk peserta terutama yang ingin memiliki usaha baby spa and maternity treatment secara mandiri.

Maternity treatment merupakan perawatan yang dilakukan kepada pasangan usia subur, ibu hamil, ibu bersalin, dan ibu nifas. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kebugaran ibu dan juga memberikan kemudahan ibu saat proses persalinan.

Baby spa adalah perawatan untuk bayi yang prosesnya menggabungkan kegiatan spa dan pijat. Pelatihan baby spa ini merupakan treatment yang berguna untuk membantu merawat kesehatan dan tumbuh kembang pada bayi. Di pelatihan ini mempelajari cara-cara bagaimana agar meningkatkan pertumbuhan fisik dan perkembangan mental pada bayi dengan konsep teori relaxation touch for baby. Manfaat baby spa bagi bayi:

  • Meningkatkan interaksi bayi selama proses spa dan pijatan.
  • Membantu bayi merasa lebih rileks dan tenang.
  • Membantu bayi tidur dengan nyenyak dan pulas.
  • Merangsang produksi hormon yang bertugas mengatur stres di tubuh bayi.
  • Melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh bayi.
  • Melatih gerak otot-otot tubuh bayi.

Pelatihan hari pertama diberikan materi tentang maternity treatment, yang terdiri dari materi skin care pregnancy andpost natal care, natural face spa and face acupressure, happy pregnancy, happy lactation, and happy slmming massage, herbal bath, natural mask for mom, totok vagina, dan pemakaian bengkung/gurita. Disini para peserta dibimbing mengenai rangkaian Mom Spa yang dapat dilakuakan mandiri oleh tenaga kesehatan yang akan membantu Ibu untuk memperoleh relaksasi selama hamil hingga pasca salin.

Pelatihan hari kedua, diberikan materi tentang baby spa yang terdiri dari materi baby gym, baby spa, baby brain gym, relaxation touch theraphy, colic,constipation, diare, cold and flu, picker eat, Tiger positionfor baby, dan imun boster. Disini para peserta dibimbing mengenai rangkaian Baby Spa yang dapat dilakukan mandiri oleh tenaga kesehatan yang akan membantu bayi mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan secara optimal.

Oleh: Retno Wulan, MKM, CPHCT

Posted in Berita Terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *